format sms banking bri

Siapa yang kurang akrab dengan nama internet banking? Adanya sambungan ke internet adalah poin wajib layanan ini. Namun, bagaimana jika tidak ada akses internet sama sekali? Bisa jadi sinyal internet yang lemah sehingga koneksi sangat lambat, atau karena kuotanya habis.
Jika Anda nasabah BRI, jangan khawatir.

SMS banking tidak lantas harus terkoneksi dengan jaringan internet. Sebabnya, koneksi internet tidak dibutuhkan dalam penggunaannya. Karena itu, SMS Banking lebih banyak peminatnya.
Sebelumnya, nomor ponsel  harus sudah didaftarkan dan diaktivasi untuk layanan ini. Jika belum, percuma saja. Tidak bisa digunakan. Karena itu, aktifkanlah SMS Banking. Silakan pilih salah satu dari dua cara berikut ini:

Aktifkanlah lewat ATM


Daftarkanlah nomor ponsel Anda dengan memilih opsi ‘Transaksi Lainnya’, lalu pilih ‘Pendaftaran’. Selanjutnya, mudah. Hanya perlu mengikuti perintah di layar.
baca juga perbedaan bri simpedes dan britama

Mengaktifkan di Kantor Cabang


Isilah formulir pendaftaran SMS Banking. Tak lupa juga lengkapi dokumen yang diminta seperti kartu identitas berikut kartu ATM-nya.

Semuanya akan mudah pada akhirnya jika layanan ini sudah aktif di ponsel Anda. Ini dilakukan seperti halnya pengiriman SMS biasa. SMS dikirimkan ke 3300.

Namun, Anda membutuhkan suatu format sesuai dengan transaksi yang dibutuhkan. Formatnya akan diterima sistem sebagai perintah.

1. Transfer ke Bank yang sama
TRANSFER<spasi>BRI nomor rekening tujuan<spasi>NOMINAL<spasi>PIN
Format ketika mengetikkan BRI lalu nomor rekening tujuan tidak udah dipisahkan. Jika sudah diketik, contohnya akan seperti ini:
TRANSFER BRI1234567 100000 123456

2. Transfer ke Bank Berbeda
TRANSFER<spasi>kode bank dan nomor rekening tujuan<spasi>NOMINAL<spasi>PIN
Format ketika mengetik kode bank dan nomor rekening tujuannya tidak usah dipisahkan. Contohnya akan seperti ini:
TRANSFER 0141234567 100000 123456

3. Mengecek Saldo

SALDO<spasi>PIN
Contohnya seperti ini:
SALDO 1234567

4. Pembelian Pulsa

PULSA<spasi>nomor handphone yang akan diisi pulsa<spasi>NOMINAL<spasi>PIN
Jika diketikkan, contohnya akan seperti ini:
PULSA 0812345678 100000 123456

5. Pembelian Token Listrik PLN

BELI<spasi>PLNPRE<spasi>Nomor ID PLN<spasi>NOMINAL<spasi>PIN
Contohnya seperti berikut ini:
BELI PLNPRE 123456789 500000 123456

Format dari SMS Banking tersebut terbilang mudah. Tentunya, jika Anda mengetahui formatnya. Setelah dikirimkan ke 3300, SMS notifikasi akan didapatkan jika transaksi sukses.
Keuntungan melakukan transaksi lewat SMS Banking yaitu fleksibelnya waktu dan tempat. Artinya, kapapunpun dibutuhkan dan dimanapun lokasinya, transaksi dapat dilakukan.

Sebagian besar orang telah memiliki ponsel. Sepertinya, ponsel menjadi benda yang paling sering dibawa kemanapun. Tidak membawa ponsel, hidup rasanya hampa. Penggunaan fasilitas SMS Banking hanya bermodalkan jempol untuk mengetik formatnya. Bisa dikatakan, SMS Banking BRI sangat praktis.

Untuk Anda yang sibuk, SMS Banking sangat disarankan. Anda tidak perlu pergi ke galeri ATM BRI yang bisa jadi membuang waktu Anda. Belum tentu lokasinya pun dekat.
Layanan SMS Banking ini tidaklah gratis. Seperti halnya Anda mengirimkan SMS, penggunaan layanan ini pun ada biayanya.

Tarif SMS berlaku dalam setiap transaksi yang dikirimkan. Hal ini disesuaikan dengan tarif pengiriman SMS yang berlaku antara masing-masing provider dengan BRI. Maka, pastikanlah bahwa pulsa Anda cukup sesuai dengan tarif SMS-nya.

Jika tidak, akan terjadi kegagalan transaksi.
Format yang masih terbatas merupakan salah satu kekurangan SMS Banking BRI. Nasabah hanya dapat melakukan 5 transaksi yang disebut di atas. Bila diperhatikan, SMS Banking hanya untuk transaksi yang dinilai penting dan mendesak saja. Untuk transaksi lainnya, pihak BRI belum mengembangkannya. Semoga di kemudian hari, SMS Banking BRI dapat mendukung semua transaksi.



Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon