perbedaan antara bri britama dan simpedes


BRI mengayomi permintaan masyarakat dalam hal tabung-menabung. Bank tersohor ini memang menjadi favorit calon nasabah. Varian produk tabungannya memungkinkan berbagai lapisan masyarakat mendapat kepemilikan rekening. Hal tersebutlah yang digalakkan oleh BRI.

Di antara banyaknya jenis tabungan BRI, ada dua tabungan yang paling diminati nasabah. Selain itu, dua jenis tabungan ini paling direkomendasikan oleh petugas bank. Tabungan tersebut yaitu BritAma dan Simpedes.

Sebetulnya, perbedaan tabungan BritAma dan Simpedes apa ya?
Sesuai dengan namanya, Simpedes merupakan singkatan dari simpanan pedesaan. Tabungan ini ditujukan bagi calon nasabah yang tinggal di desa-desa. Jadi, untuk Anda yang ada di ibu kota, Simpedes tidak berlaku. Petugas bank pun tidak akan mengarahkan Anda untuk membuka tabungan ini. Justru, Anda akan direkomendasikan membuka rekening BritAma.
BritAma sebetulnya ada di seluruh Indonesia. Dulu, tabungan ini disebut Simaskot. Sekarang lebih dikenal dengan BritAma. Keadaan masyarakat perkotaan jadi pertimbangan produk ini. Hal ini dikarenakan berbagai fasilitas yang diberikan BritAma mendukung mobilitas masyarakat di kota. 
Buat Anda yang masih kebingungan menentukan pilihan, jangan khawatir. 

Berikut ini perbedaan kedua jenis tabungan itu, ditinjau dari berbagai segi:

1. Nasabah

Nasabah perlu mengenal jenis tabungan baik-baik. BritAma ditujukan untuk rekening pribadi saja. Sedangkan untuk Simpedes, nasabah dapat perorangan atau perusahaan. Hal ini disesuaikan dengan tingkat produktivitas masyarakat desa dalam urusan penjualan bahan makanan yang biasanya dijual melalui perusahaan sendiri atau lembaga.

2. Setoran Awal

Untuk pembukaan rekening, calon nasabah pasti akan dimintai setoran awal sebagai syarat utama. Uang ini akan masuk ke saldo di rekening nanti. Jumlahya sesuai dengan yang diberikan. Tanpa dikurangi sedikitpun. Sementara itu, biaya pembuatan rekening tidak dikenai biaya alias gratis.
Untuk Simpedes, setoran awalnya minimum Rp. 100.000. Sementara itu, untuk setoran awal BritAma yaitu Rp. 500.000. 
Cukup terlihat perbedaannya, kan? 

3. Fasilitas

Nasabah BritAma mendapatkan fasilitas lengkap yang mendukung mobilitas perkotaan. Misalnya, fasilitas menggunakan ATM, CRM, dan fasilitas lewat ponsel lainnya. Sedangkan nasabah Simpedes hanya memiliki akses ke ATM saja.

4. Biaya Administrasi

Nasabah BritAma akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp. 12.000 yang akan ditarik rutin setiap bulan dari rekening. Pasalnya, nasabah BritAma melakukan banyak transaksi lewat fasilitas yang diberikan seperti lewat ATM, internet banking, mobile banking, dsb. Namun, hal ini tidak digunakan nasabah simpedes yang hanya mendapat akses ke ATM saja. Justru, biaya administrasi Simpedes terbilang lebih rendah yaitu Rp. 5.500. Hal ini dinilai dapat meringankan beban masyarakat desa.

5. Bunga

Menyimpan uang di bank pasti dikenai bunga. Besarannya disesuaikan dengan jenis tabungannya. Untuk Simpedes, bunga tabungannya lebih kecil dibanding BritAma. Namun, ada keuntungan di balik itu semua. Nasabah BritAma akan mendapat kesempatan program undian. Event tersebut dilakukan pada jangka waktu tertentu. Misalnya, event Untung Beliung. Nasabah akan kedapatan undian bagi-bagi hadiah. Hal ini tidak berlaku untuk nasabah Simpedes.

6. Asuransi

Jika nasabah mengalami kecelakaan, BRI akan memberikan uang pertanggungan. Dengan syarat, nasabah tersebut merupakan nasabah BritAma. Uang pertanggungannya pun bisa sampai Rp. 150.000.000. Lumayan bisa mengcover, kan? Namun, tidak begitu dengan nasabah Simpedes.
Itu dia perbedaan tabungan BritAma dan Simpedes. Anda dapat membandingkan sesuai kelebihan yang diberi untuk Anda. Jangan lupa untuk selalu mengedepankan kebutuhan Anda, bukan keinginan semata.

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon