Cara kirim paket melalui JNE

Sebagai salah satu perusahaan jasa ekspedisi terdepan di Indonesia, JNE tak luput dari keluhan dan kritik dari pelanggannya. Banyak sekali kasus yang berhubungan dengan tidak sampainya barang ke alamat tujuan.

Padahal sudah lewat dari waktu estimasi pengirimannya.
Menyampaikan keluhan sah-sah saja. Namun, akan lebih baik jika pelanggan pun mengintrospeksi diri apa yang salah. Ini karena banyak juga barang yang telah sampai di alamat tujuan dengan cepat dan sesuai dengan keinginan,Kenapa bisa ada barang yang cepat sampai, ada juga yang tidak?

Ini bisa terjadi karena faktor paket yang kita kirimkan. Misalkan, alamat tujuan tidak lengkap dan jelas atau Bad address ketika cek resi Jne Menggunakan No resi. Belum lagi masalah paket yang tidak dibungkus dengan rapi. Maka dari itu, artikel ini akan membahas tentang cara mengirim barang lewat JNE dengan aman. Berikut langkah-langkahnya:

Bungkus barang atau dokumen dengan benar

Jika ada kiriman paket, pihak JNE biasanya akan membungkusnya lagi dengan plastik. Gunanya untuk menghindari paket rusak atau basah. Namun, ini adalah upaya terakhir. Sebelumnya, pengirim paket lah yang bertugas untuk memastikan barang dibungkus dengan benar.

JNE menerima ratusan ribu paket setiap harinya.Dengan jumlah paket tersebut, bisa dipastikan barang-barang ditumpuk. Jika kemasan paket tidak dibungkus dengan benar, bisa jadi barang rusak. Jadi, berikut ini cara membungkus paket dengan benar:


  • Siapkan barang. JNE sangat ketat dengan peraturan mengenai jenis barang yang dikirim. Pastikan saja bahwa barang yang akan dikirim bukan termasuk senjata tajam, senjata api, narkotika, uang tunai, atau benda yang melanggar kesusilaan.
  • Jika barang mudah pecah atau patah, pastikan membungkusnya dengan plastik bubble wrap, kotak kayu, atau kardus.
  • Jika barang berupa pakaian, dibungkus dengan plastik atau kertas karton pun sudah cukup.
  • Paket berupa dokumen dapat dimasukkan ke amplop yang kertasnya cukup tebal. Atau bisa juga didalamnya menggunakan plastic untuk melindungi dokumen jikalau terkena air.

tulis alamat dengan lengkap dan jelas

Banyak pelanggan yang terkendala dengan penulisan alamat. Seringkali, alamat yang ditulis tidak lengkap. Hal ini menyebabkan kurir tidak dapat menemukan alamat yang dituju. Karena itulah muncul kasus alamat tak dikenal sehingga barang tidak terkirim.
Tuliskan nama lengkap penerima, alamat jelasnya termasuk mencantumkan RT, RW, kecamatan, kelurahan, kabutan, serta kode pos. Jangan lupa juga mencantumkan nomor telepon penerima.
Tempat untuk menuliskan alamat ini dapat berbeda tempat tergantung jenis paketnya:

  • Jika paket berupa dokumen, tempatkan data penerima di sebelah kiri atas, bagian depan amplop. Sementara itu, data pengirim ditempatkan di bagian belakang amplop.
  • Jika paket berupa barang, biasanya berbentuk kotak. Cantumkan di bagian atas. Tulis data penerima di sebelah kanan bawah. Sedangkan data pengirim di sebelah kiri atas.

Antar paket ke kantor atau agen JNE terdekat

JNE memiliki kantor dan agen yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda dapat mencari JNE terdekat lewat mesin pencari.

Di situs resmi JNE pun data kantor dan agen bisa dicari. Cukup mengunjungi https://www.jne.co.id dan mengisikan nama kota di kotak kanan bawah laman.

Di kantor JNE, paket akan dibungkus kembali dengan plastik khusus. Sebelumnya, petugas akan menimbang dan mendata paket. Setelah diinput ke sistem, Anda akan mendapatkan struk. Jangan sampai struk hilang karena berisi nomor resi yang berguna jika Anda ingin mengecek status barang. Maka, simpan struk sampai barang benar-benar sudah dikirim ke penerima.


Newest
Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon